Monday, August 1, 2011

Apa itu jantung ?

Jantung
Apa itu jantung ? - Jantung merupakan sebuah rongga organ berotot yang merupakan organ terpenting dalam tubuh makhluk hidup terutama manusia. Jantung manusia yang tidak dijaga dengan baik akan mudah sekali terserang penyakit seperti, jantung koroner, serangan jantung dan lain-lain. Fungsi dari jantung yaitu memopa darah ke seluruh tubuh. Apabila terjadi kerusakan dalam system peredarah darah maka akan mengganggu kerja orga-organ lainnya terutama jantung itu sendiri. Saat bagian dari otot jantung tidak mendapatkan darah, maka akan terjadi serangan jantung (myocardial infarction).

Di balik tulang dada/sternum, dalam rongga thoracic terdapat jantung yang merupakan satu otot tunggal yang terdiri atas lapisan endothelium. Di antara paru-paru kanan dan paru-paru kiri terdapat jantung yang terletak di dalam rongga dada agak sebelah kiri. Berat dari jantung kurang lebih 300 gram dan besarnya kurang lebih sebesar kepalan tangan.

Anatomi Jantung Manusia
Bagian-bagian Jantung
source image : www.tahitiannonibioactive.net
Jantung pada manusia terbagi atas empat ruang, yaitu serambi kiri dan serambi kanan serta bilik kanan dan bilik kiri. Bagian dari bilik (ventrikel) jantung memiliki dinding yang lebih tebal dibandingkan dengan serambi (atrium). Hal ini berhubungan dengan fungsi dari bilik yaitu untuk memompa darah ke seluruh tubuh sehingga harus kuat. Adapun diding pada bilik kanan lebih tipis karena fungsi dari bilik kanan yaitu hanya memompa darah ke paru-paru.

Detak jantung dapat dirasakan hingga keluar tubuh tepatnya pada area dada dan seluruh tempat dimana pembuluh nadi berada. Selain itu, detak jantung juga dapat diketahui melalui alat pendeteksi kerja jantung yang biasa disebut dengan EKG. Dalam satu menit, jantung berdetak antara 70 hingga 80 kali. Untuk bayi, jantung berdetak lebih cepat dibandingkan orang dewasa yaitu sekita 100 kali permenitnya.

Usia manusia yang bertambah akan sangat mempengaruhi fungsionalitas jantung. Hal ini dikarenakan jantung telah bekerja secara terus-menerus selama manusia itu hidup dan jantung pun akan mengalama penurunan kinerja. Penurunan fungsi jantung akan semakin parah apabil anda tidak menjaga kesehatan anda. Misalnya sering makan makanan junk food, tidak rutin berolahraga dan lain-lain. Makanan yang berlemak akan menyumbat peredaran darah dan mengakibatkan serangan jantung.

Penyumbatan pada satu arteri koroner atau lebih akan menimbulkan serangan jantung mendadak. Hal ini dikarenakan jantung tidak menerima pasokan oksigen yang cukup dari darah dan hal ini terjadi dalam jangka waktu yang lama, maka jaringan di sekitar jantung pun akan rusak. Otot jantung tidak seperti jaringan lainnya yang mengalami regenerasi. Semakin lama hal ini terjadi maka kerusakan yang ditimbulakan pun akan semakin parah dan kemungkinan besar bagi penderitanya akan menyebabkan kematian.

Apabila gejala penyakit jantung telah anda rasakan, sebaiknya segera diatasi untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Untuk gejalan nyeri pada dada, banyak yang menyepelekannya. Padahal gejala ini merupakan salah satu gejala penyakit jantung dan pembuluh darah. Oleh karena itu anda sebaiknya mengenal lebih jauh tentang gejala-gejala penyakit jantung agar anda dapat segera mendapatkan pengobatan yang baik.

Untuk mendapatkan jantung yang sehat diperlukan system peredaran darah yang sehat serta zat-zat gizi yang harus terpenuhi. Anda juga harus rajin berolahraga agar jantung anda, system peredaran darah tetap lancar dan sehat. Jika anda salah satu penggemar makanan berlemak, diwajibkan agar berolahraga secara teratur untuk menghindari penyumbatan pada pembuluh darah anda karena lemak akan tertimbun disana. Lakukan hal ini sekarang untuk menjaga jantung anda tetap sehat agar dimasa tua nanti anda tetap sehat dan dapat menikmati hari tua anda. Lebih baik mencega penyakit jantung itu datang dari pada mengobatinya.

Selamatkan Jantung anda
Save Your Hear Now | Selamatkan lah Jantung Anda sekarang
Source : www.atherogenics.com
No comments:
Post a Comment