Tuesday, August 2, 2011

Beberapa Macam Penyakit yang Sering Menyerang Jantung

Serangan Jantung
Serangan Jantung
Source : republika.co.id
Penyakit jantung merupakan pembunuh pertama di dunia. Gejala-gejala penyakit jantung yang sering sekali ditemuai yaitu, sesak nafas, lemas, jantung berdebar kencang, dada terasa nyeri dan masih banyak lagi. Beberapa penyakit jantung memiliki ciri-ciri dan gejala tersendiri. Penyakit jantung biasanya diakibatkan oleh rusaknya otot jantung atau jaringan pneudung serta pembuluh darah

Oleh karena itu, perlu anda ketahui apa penyebab dari penyakit jantung, karena hal ini dapat berbahaya dikemudian harinya jika tidak diobati tepat pada waktunya. Berikut ini beberapa penyakit yang sering menyerang jantung :
  1. Penyakit Jantung Koroner : merupakan penyumbatan pada arteri koroner, pembuluh darah yang mengirim darah beroksigen ke miokarium (otot jantung). Karena terjadi penyumbatan, maka aliran darah pun menjadil ambat dan menyebabkan jantung mengalami kekurangan nutrisi dan oksigen. Penyumbatan yang terjadi ini dikarenakan oleh plak yang menempel pada dinding pembuluh darah. Plak-plak tersebut terbuat dari kolesterol dan zat lainnya. Gejala untuk penyakit ini yaitu rasa tidak nyaman pada daerah dada, rongga dada bagian dalam terasa terbakar, sesak nafas, denyut jantung tidak teratur dan lain-lain. Apabila arteri koroner mengalami penyumbatan, maka hal ini dapat mengakibatkan serangan jantung.
  2. Penyakit Jantung Iskemik : penyebab penyakit jantung ini yaitu penyumbatan parsial pada aliran darah ke jantung. Tanda dan gejala dari penyakit ini yaitu nyeri pada daerah sekitar dada dan lengan bagian kiri, berkeringat, kekencangan pada dada dan penebabaln pada tendon Achilles
  3. Gagal Jantung : Merupakan gangguan jantung secara fungsional. Gagal jantung ini dapat berupa diatolik ataupun sistolik. Tanda atau gejalanya yaitu sesak nafas, kelelaha dalam buang air kecil, pembengkakan pada hati serta kelainan fungsi berikutnya pada hati.
  4. Kardiomiopati : nama lainnya yiatu penyakit otot jantung. Penyakit ini disebabkan oleh penurunan fungsi dari otot jantung dan berujung pada gagal jantung. Penyebab lain dari penyakit ini yaitu penyumbatan pembuluh darah, radang pada otot jantung, serta komsusi alcohol. Adapun gejala pada penyakit ini yaitu jantung berdebar, sesak nafas, kelelahan, pusing, irama jantung yang tidak normal, serta pembengkakan di kaki.
  5. Penyakit jantung Hipertensi : Penyakit ini disebabkan oleh peningkatan pada tekanan darah. Gejala untuk penyakit ini berupa sesak nafas, nyeri dada, dan jantung berdebar-debar.
  6. Penyakit Jantung Inflamasi : Peradangan pada otot jantung atau pada jaringan disekitarnyalah yang menyebabkan penyakit ini terjadi. Seranga virus maupun infeksi dapat menyebabkan peradangan. Peradangan biasa terjadi pada endokardium dan katup jantung, radang pada otot jantung, serta inflamasi kardiomegali.
  7. Penyakit katup Jantung : Katup pada jantung mengatur aliran darah melalui 2 bilik dan 2 serabi. Kegagalah katup pada jantung untuk mengatur aliran darah dapat menyebabkan regurgitasi (aliran bali). Bisa saja katup pada jantung tidak membuka secara sempurna, sehingga menyumbat aliran jantung dan mengakibatkan stenosis. Penyakit katup jantung ini akan menghambat kinerja jantung dalam memompa darah. Gejala-gejala yang sering dialami yaitu, kelelahan, nyeri dada, jantung berdebar-debar, serangan tiba-tiba batuk, sesak nafas, perubahan pada tekanan darah dan kaki membengkak.
Itu dia beberapa macam penyakit yang biasanya menyerang jantung. Semoga anda semua terhindar dari penyakit-penyakit ini. Cara gampang untuk menghidarinya yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat serta rajin berolahraga untuk menjaga kesehatan tubuh. Apabila ada gejala-gejala penyakit jantung yang menyerang anda, segeralah untuk ke dokter spesiali jantung, untuk mendapatkan penanganan secepatnya agar anda dapat sembuh denga cepat. Jantung sehat adalah awal dari hidup yang sehat. So, keep your heart healthy.
No comments:
Post a Comment